Inilah Material Termahal di Dunia

loading...

Para ilmuan berhasil mensintesis material termahal di dunia. Material tersebut dibandrol dengan harga fantastis, 145 juta USD per gram.

Seorang ilmuan memperlihatkan model molekul dari endohedral fullerene | Coustery: Oxford university

Jika dalam hidup anda terbesit niat untuk menjadi kaya raya atau bahkan sangat kaya, maka cobalah untuk memulai bisnis produksi sebuah material yang disebut sebagai "endohedral fullerene" yang diklaim sebagai material termahal di dunia saat ini. Saat ini para ilmuan dari Universitas Oxford Inggris tersebut telah menjual endohedral fullerene sepertiga berat rambut manusia atau sekitar 200 mikrogram dengan harga 32 ribu USD atau lebih dari 400 juta rupiah. 

Endohedral fullerene pada awalnya ditemukan pada tahun 1985, merupakan suatu alotropi karbon berbentuk speris atau bulat seperti bola. Endohedral fullerene adalah material nano yang terdiri atas suatu meterial nonlogam seperti nitrogen, fosfor, helium atau senyawa sederhana yang terkurung dalam sangkar kokoh fullerene dengan jumlah atom karbon 60.

Material ini diciptakan tidak hanya sekedar untuk memenuhi rasa keingintahuan yang sangat mahal tanpa ada fungsi atau manfaat yang jelas. Tetapi ketika yang di dalam fullerene itu adalah atom nitrogen, maka material tersebut dapat mengubah metode manusia saat ini dalam hal perhitungan waktu karena komposisi antara fullerene dan nitrogen memiliki masa hidup spin elektron yang ekstra panjang. 




Model Molekul Endohedral Fullerene | Courtesy: uni-mainz.de

Para ilmuan saat ini mengkaji potensi material ini untuk diaplikasikan sebagai jam atom. Jam atom ini nantinya merupakan petunjuk waktu paling akurat yang pernah ada di dunia. Dengan demikian, para ilmuan optimis di masa depan mereka dapat menciptakan peralatan yang jauh lebih akurat dari yang pernah ada. Endoherdal fullerene berpotensi untuk mengubah ukuran jam atom yang saat ini sebesar lemari kaca menjadi sebesar microchip. Selanjutnya, endohedral fulleren dapat diaplikasikan pada smartphone yang langsung terintegrasi pada GPS dan aplikasi lainnya.

Jika para ilmuan dapat mewujudkan hal tersebut, maka GPS yang dihasilkan akan memiliki keakuratan hingga 1 millimeter. Sebuah terobosan perkembangan ilmu pengetahuan yang luar biasa mengingat saat ini keakurata GPS hanya sekitar 1-5 meter. Aplikasi dari material ini akan sangat luas. Aplikasi lainnya yang paling memungkinkan adalah pada sistem kendali kendaraan otomatis. Jika ada dua mobil yang akan bertabrakan, maka dengan instalasi material ini dalam jarak 1 mm pun tabrakan memungkinkan untuk dapat dihindari.

Saat ini hanya ada satu material yang dapat menyamai harga endohedral fullerene yaitu animateri. Nasa memperkirakan harga dari antimateri adalah sebesar 61 triliun USD per gram. Namun hingga saat ini belum ada satu perusahaanpun yang dapat memproduksi antimateri dengan tujuan komersil.

loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah Material Termahal di Dunia"

Posting Komentar