Potensi Serat Nanas sebagai Bahan Baku Tekstil

loading...

Garmen merupakan salah satu industri penting di Indonesia dengan propinsi Jawa Barat sebagai pusatnya. Di Bandung sendiri terdapat 48 perusahaan besar yang menjalankan industri tekstil dan garmen. Ke 48 perusahaan tersebut dapat menghasilkan produk tekstil kualitas tinggi dan mampu memenuhi kebutuhan bahan pakaian di Indonesia dan bahkan ekspor ke luar negeri.

Tekstil merupakan salah satu jenis industri kimia. Bahan baku tekstil biasa diperoleh dari serat-serat yang berasal dari hewan seperti wool, sutera, ilama, dan bulu unta (camel hair). selain itu bahan baku tekstil juga dapat diambil dari serat tumbuhan. Salah satunya serat nanas memiliki potensi untuk dijadikan bahan baku tekstil tersebut.

Pakaian adat dayak Ngaju | Courtesy: kroja.com

Di Kalimantan barat, perkebunan nanas dapat ditemukan dalam jumlah yang cukup luas, di Kabupaten Pontianak dan Kuburaya saja, lahan yang digunakan untuk tanam nanas seluas 1.380 ha dengan  produksi sekitar 10.863 ton dengan tingkat rata-rata hasil sekitar 7,9 ton/ha. Masa panen nanas di Kabupaten Pontianak dan Kubu Raya berlangsung sepanjang tahun, namun masa panen raya terjadi selama 3 (tiga) bulan.

Nanas selain di olah sebagai bahan pangan nanas juga berpotensi untuk diolah menjadi bahan sandang. Serat pada nanas bisa di bilang cukup kuat, kualitasnya hampir sama dengan serat yang di hasilkan hewan. Baju suku adat dayak ngaju merupakan salah satu contoh baju yang di buat dari serat nanas.

Serat nanas memiliki karakteristik bahan hampir mirip seperti bahan sutra dan serat nanas  mempunyai kemampuan untuk mengikat uap air yang cukup tinggi, bahkan lebih tinggi dari kapas. Kapas hanya mampu menyerap sekitar 7,8% sedangkan serat nanas lebih dari 10%. Dalam industri pengolahan nanas, kulit dan daun yang kaya akan serat merupakan limbah yang selanjutnya dibuang atau dimusnahkan begitu saja. Pemanfaatan dan pengolahan limbah nanas menjadi produk bahan baku tekstil merupakan ide yang potensial untuk dikembangkan sehingga memberikan nilai tambah ekonomis bagi limbah tersebut.

Penulis: Bintang R

loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Potensi Serat Nanas sebagai Bahan Baku Tekstil"

Posting Komentar