Lidah Buaya Sebagai Obat Herbal Dan Bahan Kosmetik

loading...

Potensi Lidah Buaya Sebagai Obat Herbal dan Bahan Kosmetik

Panen lidah buaya | courtesy: lrworld.com

Lidah buaya (Aloe vera) merupakan jenis tumbuhan dengan daun berduri. Berbeda dengan nanas yang berduri keras dan tajam, lidah buaya cenderung memiliki daun dengan duri yang lunak dan tebal. Lidah buaya terkenal karena khasiatnya sebagai bahan baku kosmetik, tumbuhan yang digunakan untuk menyuburkan rambut dan perawatan kulit. Di Kalimantan Barat khususnya di Pontianak, lidah buaya merupakan komoditas yang paling banyak ditanam. Lidah buaya yang ditanam merupakan varietas Aloevera chinensis, dimana varietas ini merupakan varietas unggul yang memiliki daun yang lebih lebar dan panjang dengan satu pelepah atau helai daun memiliki bobot 0,8 - 1,5 kg.

Harus diketahui Pontianak merupakan salah satu sentra penghasil lidah buaya di Indonesia. Dalam satu tahun saja petani mampu mendapatkan hasil panen sebanyak 24 – 30 ton / ha . Di kota ini lidah buaya biasa diolah menjadi minuman yang menyegarkan, dan manisan dengan variasi rasa. Lebih dari itu lidah buaya berpotensi di gunakan sebagai obat herbal dan bahan baku pembuatan kosmetik.

Namun untuk di Pontianak sendiri, pengolahan lidah buaya menjadi obat herbal dan kosmetik belum di optimalkan dan bisa di bilang tidak ada dalam skala besar atau industri. Pengembangan industri lidah buaya untuk memproduksi produk bernilai jual tinggi merupakan hal yang urgen dan harus menjadi perhatian pemerintah dalam beberapa tahun pengembangan ke depan.

Dalam daun lidah buaya banyak kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan, gel atau lendir dalam lidah buaya mengandung beberapa mineral seperti zink, kalium, zat besi dan vitamin seperti Vitamin A, B1, B2, B12, C dan E, Inositol, asam folat, dan kholin, dan juga mengandung senyawa aktif lainnya seperti aloenin, asam aspartat, aloin, asam glutamate, barbaloin, isobarbaloin, aolesin, aloe emodin, asam amino esensial yang meliputi leusin, lisin, histidin, dan valin. Untuk kesehatan, lidah buaya digunakan untuk mengobati asam lambung, sembelit, batuk radang tenggorokan, hepatoprotektor (pelindung hati), jantung koroner, kolestrol, dan imunomodulator (pembangkit system kekebalan tubuh).

Pada kosmetik, lidah buaya digunakan sebagai pelembab kulit, body lotion, pembersih wajah, penguat rambut dan dapat menhilangkan flek hitam dan jerawat. Kandungan lidah buaya yang baik untuk kulit yaitu magnesium laktat, antibakteri, anti-jamur, asam salisilat, antrakuinon dan saponin seperti giberelin, mannans, dan polisakarida.
Mengingat banyak potensi dari lidah buaya, alangkah baiknya lidah buaya diolah menjadi sesuatu produk yang lebih bermanfaat dan pengolahannya dapat dioptimalkan sebaik mungkin.
Penulis: Bintang R

loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Lidah Buaya Sebagai Obat Herbal Dan Bahan Kosmetik"

Posting Komentar