Menulis di udara kini bukan hal yang mustahil

loading...
Cetak 3 dimensi saat ini bukanlah sekedar angan-angan dan mimpi semata, 3Dooller merupakan sebuah penemuan yang membuat impian itu jadi nyata

3Doodler, sang pulpen tiga dimesi | courtesy: youtube

Sebuah pulpen unik yang dapat menggambar di udara secara tiga dimensi, tanpa memerlukan kertas atau bidang datar lainnya sebagai media telah diciptakan oleh dua orang penemu Max Bogue, Peter Dilworth . Berbagai macam warna gulungan benang-benang plastik ditempatkan di bagian dalam pulpen sebagai material utama pembentuk objek tiga dimensi yang keluar dari mulut pulpen. Benang yang telah dipanaskan di badan pulpen selanjutnya didorong keluar sebagai plastik panas yang akan dingin dan membeku seketika ketika keluar dari mulut pulpen. Dengan demikian, sebuah struktur padatan tiga dimensi akan terbentuk di udara atau permukaan apapun.

Pulpen unik itu dikenal dengan sebutan 3Doodler, dengan berat sekitar 198 g dan panjang 17,7 cm. 3Doodler dapat digunakan secara langsung seperti menulis biasa tanpa membutuhkan kemampuan khusus ataupun software komputer. Para penemu 3Doodler telah menhasilkan lebih dari 2,2 juta dolar AS untuk pemesanan pulpen tiga dimensi tersebut. Mereka berharap dan terus berusaha untuk dapat memenuhi permintaan pasar terhadap produk yang baru diluncurkan musim gugur tahun lalu itu.

Perahu naga handmade, yang dibuat dengan 3Doodler | Courtesy: public website

Pengembangan 3Doodler dilakukan di sebuah perusahaan Hongkong WowWee, yang berbasis pada pengembangan teknologi konsumsi sehari-hari. Peter sendiri sebelumnya pernah bekerja di divisi robotik MIT sedangkan Max adalah manajer proyek R&D WowWee. Harga pulpen tiga dimensi tersebut tidaklah mahal, di Indonesia sendiri 3Doodler dibandrol dengan harga mulai dari 1,5 juta rupiah.

Source: inventor-strategies.com

loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menulis di udara kini bukan hal yang mustahil"

Posting Komentar