X(5568), Partikel Subatomik Baru yang Ditemukan oleh Fisikawan

loading...


Fisikawan kembali menemukan partikel dasar baru yang akan menjadi anggota baru spesies eksotik yang dikenal sebagai tetraquarks. Penemuan tersebut diumumkan oleh para ilmuan termasuk Profesor Iain Bertram dari Lancaster yang tergabung dalam tim kolaborasi internasional DZero di Fermilab, laboratorium pemerintah AS yang spesialisasi dalam bidang fisika partikel energi tinggi. Menurut Profesor Bertram penemuan ini sangat menarik karena menemukan partikel baru dan tidak biasa yang akan membantu kita dalam memahami interaksi kuat, salah satu dari empat interaksi fundamental yang dikenal dalam fisika.

DZero adalah salah satu dari dua percobaan di Fermilab Tevatron collider. Meskipun Tevatron sudah diberhentikan pada tahun 2011, penelitian masih tetap berlanjut untuk menganalisis miliaran dats yang diperoleh sebelumnya dari tumbukan partikel. Pengamatan terhadap tetraquark merupakan sesuatu hal yang tak terduga ketika para ilmuwan DZero pertama kali mendapatkan titik terang keberadaan partikel baru pada Juli 2015, yang disebut X(5568), nama yang sesuai dengan massanya 5568 megaelectronvolts. Profesor Bertram yang berperan penting pada analisis, mengembangkan model yang digunakan untuk mensimulasikan X (5568).

Quark merupakan suatu partikel elementer (dasar) yang biasanya tersusun atas dua atau tiga, yang paling terkenal adalah proton dan neutron (masing-masing tersusun dari tiga quark). Ada enam jenis quark yakni up, down, strange, charm, bottom dan top. Masing-masing quark ini juga memiliki antimateri. Sementara semua tetraquarks diamati lainnya mengandung setidaknya dua jenis yang sama, X (5568) memiliki empat jenis yang berbeda up, down, strange dan bottom.

Source: phys.org
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "X(5568), Partikel Subatomik Baru yang Ditemukan oleh Fisikawan"

Posting Komentar