Logam Paling Ringan di Dunia, Diproduksi Oleh BOEING

loading...

Berat material merupakan faktor yang sangat penting dalam pembuatan pesawat, karena pesawat yang lebih ringan membutuhkan jumlah bahan bakar yang lebih sedikit, yang merupakan pemakan biaya terbesar dalam dunia penerbangan. Boeing mengklaim telah membuat logam paling ringan yang pernah ada di dunia, material microlattice yang tersusun atas 99,99% udara.

Boeing 787 Dreamliner merupakan pesawat jet komersial dengan terobosan baru karena menggunakan komposit bahan serat karbon sebagai pengganti aluminium untuk menghasilkan efisiensi bahan bakar terbaik di kelasnya. Microlattice terlihat seperti spons atau jala, secara simultan bersifat fleksibel dan sangat kuat. Material ini diperkirakan akan banyak digunakan di berbagai bidang aplikasi ke depannya. Boeing mengatakan materi seperti ini dapat membantu dunia penerbangan menghemat biaya dalam jumlah besar.

Boeing menjelaskan material microlattice baru ini berbentuk seperti struktur polimer seluler terbuka. Penggunaan utama dari materi ini adalah pada komponen struktural, seperti sidewall atau panel lantai jet komersial. Material ini dikembangkan bersama oleh HRL Laboratories, perusahaan patungan antara Boeing dan General Motors (GM), bekerja sama dengan Cal Tech dan UC Irvine. Material microlattice beratnya hanya sekitar sepersepuluh dari berat serat karbon, dan sebenarnya sedikit lebih ringan daripada udara.

Bahan ini kemungkinan pertama kali akan digunakan pada roket ruang angkasa yang rencananya akan dibangun oleh Boeing dalam lima tahun. Jika akan diaplikasikan pada kendaraan seperti mobil, maka biaya manufaktur harus turun sedikit lagi sebelum itu layak secara ekonomis.

Source: money.cnn.com
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Logam Paling Ringan di Dunia, Diproduksi Oleh BOEING"

Posting Komentar