Dua Cangkir Kopi Dapat Mengurangi Resiko Sirosis, Salah Satu Penyakit Hati

loading...



Berikut adalah kabar baik untuk para penikmat kopi:, ilmuwan-telah berhasil menemukan hubungan antara konsumsi kopi secara teratur dengan pengurangan risiko sirosis hati. Dengan konsumsi dua cangkir kopi per hari ternyata dapat mengurangi kemungkinan perkembangan penyakit ini sebesar 44 persen, kesimpulan ini diperoleh berdasarkan data dari 430.000 orang yang tersebar di sembilan penelitian.

Menurut Oliver Kennedy, peneliti dari University of Southampton di Inggris, sirosis merupakan penyakit berpotensi fatal, dan saat ini belum ada obat yang efektif. Oleh karena itu, merupakan sebuah berita baik jika resiko perkembangan sirosis dapat dikurangi dengan konsumsi kopi, murah, dapat diperoleh di mana-mana, dan dengan rasa yang disukai."


Para peneliti mengumpulkan data analisis dari lima kelompok penelitian dan empat studi yang melibatkan 1.990 kasus dan 432,133 partisipan. Mereka menemukan bahwa delapan dari sembilan studi, risiko sirosis terus menurun seiring dengan peningkatan jumlah kopi yang dikonsumsi. Tim peneliti tidak membedakan jenis kopi yang digunakan dan metode penyeduhannya.


Sirosis diperkirakan menjadi penyebab kematian sekitar 1 juta orang setiap tahun, dan disebabkan oleh konsumsi alkohol yang berlebihan, infeksi hepatitis, gangguan kekebalan tubuh, dan penyakit lemak hati (terkait dengan obesitas dan diabetes). Meskipun mengandung senyawa antioksidan dan antiinflamasi, kopi tidak bisa memperbaiki kerusakan sistematis akibat dari kesalahan pilihan gaya hidup yang cenderung menyebabkan sirosis. Dengan kata lain, jika seseorang minum alkohol terlalu banyak, jangan berharap dua cangkir kopi dapat menyelamatkan tubuh dari efek tersebut.


Ini merupakan temuan yang signifikan untuk pasien yang telah terindikasi sirosis untuk membantu memperbaiki kesehatan mereka. Namun, saat ini masih perlu dilakukan uji klinis untuk mengkaji manfaat yang lebih luas dan bahaya kopi sehingga dokter dapat membuat rekomendasi spesifik untuk pasien. Sebelumnya telah ditemukan beberapa minuman dapat mempengaruhi ritme kerja jantung, menurunkan resiko kanker kulit, dan mengurangi resiko diabetes. Sehingga pemberian resep harus benar-benar mempertimbangkan kondisi pasien.


Source: sciencealert.com
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Dua Cangkir Kopi Dapat Mengurangi Resiko Sirosis, Salah Satu Penyakit Hati"

Posting Komentar