Berani Coba?? Tes Buta Warna Paling Sulit !

loading...
Buta warna adalah kekurangan penglihatan atas warna. Mata tidak akan melihat warna seperti biasanya jika ada masalah dengan pigmen pada reseptor warna. Jika salah satu pigmen hilang, maka mata akan memiliki masalah melihat warna tertentu. Buta warna merupakan kelainan genetika yang diturunkan dari orang tua kepada anaknya, kelainan ini sering juga disebut sex linked, karena kelainan ini dibawa oleh kromosom X. Artinya kromosom Y tidak membawa faktor buta warna. Penderita buta warna bisa kesulitan melihat warna merah, hijau, biru, atau campuran warna-warna ini. Namun pada kondisi penderita buta warna total, tidak ada warna yang dapat dilihat sama sekali dan hal ini sangat jarang terjadi. Selain itu Ada beberapa penyebab seseorang mengalami buta warna, di antaranya adalah:

  • Penyakit. Terdapat sejumlah penyakit yang bisa menyebabkan buta warna, seperti penyakit Parkinson, penyakit Alzheimer, glaukoma, neuritis optik, leukemia, diabetes, pecandu alkohol kronis, macular degeneration, dan anemia sel sabit.
  • Usia. Kemampuan seseorang untuk membedakan warna perlahan-lahan akan berkurang seiring bertambahnya usia. Ini adalah hal yang alami dalam proses penuaan dan tidak perlu dicemaskan secara berlebihan.
  • Faktor genetika. Kebanyakan penderita buta warna mengalaminya sejak lahir dan merupakan faktor genetika yang diturunkan oleh orang tua. Penderita buta warna akibat faktor genetika jauh lebih sering terjadi pada pria dibandingkan wanita.
  • Bahan kimia. Seseorang bisa mengalami buta warna jika terpapar bahan kimia beracun misalnya di tempat kerja, seperti karbon disulfida dan pupuk.
  • Efek samping pengobatan tertentu. Beberapa pengobatan berpotensi menyebabkan buta warna, seperti digoxin, pheytoin, chloroquine dan sildenafil yang juga dikenal sebagai Viagra. Jika gangguan disebabkan oleh pengobatan, biasanya pandangan akan kembali normal setelah berhenti mengonsumsi obat.
Kebanyakan kasus buta warna diakibatkan oleh faktor genetika, namun kemampuan untuk mencerna warna bisa juga dipengaruhi oleh kondisi mata yang mendasar. Ada beberapa tes yang dapat dilakukan untuk mendiagnosis buta warna, di antaranya adalah:

  1. Tes Ishihara. Tes ini yang paling umum digunakan untuk mendiagnosis buta warna dan hanya bisa mendiagnosis kondisi buta warna merah/hijau. Untuk mendiagnosis buta warna biru/kuning, dibutuhkan tes lain.
  2. Tes penyusunan. Tes ini dilakukan dengan cara menyusun objek warna dalam susunan gradasi warna yang berbeda lalu pasien akan diminta untuk menyusun benda sesuai dengan gradasi warna yang dilihatnya.
Berikut adalah beberapa contoh pola tes ishihara. Selamat mencoba tes buta warna.


























Versi lengkap beserta arti atau apa yang seharusnya dilihat oleh mata normal dan mata buta warna silakan download di sini. Semoga bermanfaat.

loading...

Subscribe to receive free email updates:

17 Responses to "Berani Coba?? Tes Buta Warna Paling Sulit !"

  1. Nice info nya gan di tunggu kunjungan baliknya

    BalasHapus
  2. Makasih gan.... udah aku download filenya

    BalasHapus
  3. kamfret susahnya itu kayak cacing kremi

    BalasHapus
  4. terimakasih untuk infonya sangat bermanfaat sekali

    asuransi gratis axa direct

    BalasHapus
  5. Techdost Professional Logo Design Company in Meerut, India. Let our team of 20+ and Creative Designers craft a unique logo for you.
    Logo Design Company in Meerut

    BalasHapus
  6. Jatin Kashyap one of the best Website Maker in Meerut. Currently working with TechDost Best Website Designing Company in Meerut.
    Website Maker

    BalasHapus
  7. Read Latest Meerut, Mawana, Sardhana and Nearby News any Time and also install The Sabera app.
    Latest Meerut News
    Nivia Football Gloves

    BalasHapus
  8. Nice Post

    Good Information you are provided. Thanks for this post and keep posting.
    Ac service in delhi

    BalasHapus
  9. Thanks for your informative post! Learn about application modernization services methodologies and tools for ideal application migration.

    BalasHapus

  10. Science and technology have revolutionized our world, shaping the way we live, work, and interact with the universe around us. Science is the pursuit of knowledge and understanding through systematic observation, experimentation, and analysis. It uncovers the mysteries of the natural world, expands our understanding of the cosmos, and drives innovation in various fields.https://www.dishisjewels.com/mangalsutras

    BalasHapus